Ada ‘TKBM Kembar’ di Pelabuhan Marunda ? - WARTA MARITIM INDONESIA I MEDIA INFORMASI KEMARITIMAN

Breaking

PT PELINDO SOLUSI LOGISTIK

 


=====


 

=====

 


=====


 

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 07 Mei 2023

Ada ‘TKBM Kembar’ di Pelabuhan Marunda ?

 



JAKARTA UTARA (Wartamaritimindonesia.com)
– Kabar adanya ‘TKBM Kembar’’  di pelabuhan marunda, terungkap kembali pada perbincangan antara Pers dengan Pengusaha PBM dan pelayaran pada acara RAT Koperasi TKBM (8/5/2023).


“Kalau ada kerjaan bongkar muat di pelabuhan Marunda, penggunaan buruh (TKBM) itu urusan pengusahanya (PBM-nya), nggak bisa pemerintah atau siapapun memaksakan harus pakai TKBM A, TKBM B. Jadi untuk urusan TKBM, sekali lagi terserah pengusahanya yang mau pakai yang menentukan,” tegas Hendra Lesmana (tokoh dan sesepuh), dibenarkan Fudyanpo Kamin (Ketua APBMI Marunda), dan Banu Amza (pengusaha pelayaran), kepada Pers, usai pembukaan rapat anggota tahunan (RAT) TKBM Marunda, Senin (8/5/2023), di Jakarta Utara.


Hendra menyayangkan adanya pembentukan TKBM versi bentukan KSOP nya, sebelumnya  “Kami prihatin, kenapa mesti ada TKBM baru, padahal yang sudah ada cukup kondusif. Justru sejak ada TKBM baru, jadi agak rusuh,” ujarnya.


Makanya, ungkap Hendra, sekali lagi urusan pemakaian TKBM untuk kerja bongkar muat itu urusan pengusaha (perusahaan PBM). Mengingat yang memiliki barang atau yang mewakili pemilik barang untuk pekerjaan bongkar muat adalah PBM.


Pernyataan Hendra Lesmana itu diamini oleh Fudyanpo Kamin dan Banu Amza. “Betul, untuk penggunaan TKBM ya terserah yang membutuhkan kerja, bukan ditentukan oleh pemerintah atau siapapun,” kata Fudy dan Banu.


Untuk diketahui bahwa Koperasi TKBM pelabuhan Marunda beranggotakan sekitar 400-an buruh,  yang selama ini, mereka bekerja di dermaga Kaliblencong dan dermaga KCN Marunda.

(****).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad