PT ASDP Indonesia Ferry Company Profil - WARTA MARITIM INDONESIA I MEDIA INFORMASI KEMARITIMAN

Breaking

PT PELINDO SOLUSI LOGISTIK

 


=====


 

=====

 


=====


 

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 14 April 2022

PT ASDP Indonesia Ferry Company Profil

 



JAKARTA (Wartamaritimindonesia.com) -
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) didirikan pada 27 Maret 1973 dengan nama Proyek ASDP Ferry yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan.



Sejalan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan manusia yang semakin meningkat akan jasa penyeberangan, kehadiran ASDP dianggap penting sehingga ASDP Ferry mengalami perubahan nama menjadi Perum ASDP berdasarkan PP No. 8 pada tahun 1986 yang selanjutnya diresmikan menjadi PT ASDP (Persero) pada tahun 1993.



Peralihan status Perum ASDP menjadi Perusahaan Perseroan menjadikan ASDP memiliki peran yang besar yang diharapkan mampu bersaing dengan perusahaan swasta maupun badan usaha negara lainnya tanpa meninggalkan fungsinya sebagai penyedia penyeberangan perintis.



Transformasi ASDP yang semakin menunjukkan respon positif menjadikan ASDP terus berkembang dengan pesat sehingga pada 5 Agustus 2008 PT ASDP (Persero) melakukan penandatanganan Pakta Integritas yang menandai diberlakukan perubahan struktural Perseroan yang disaksikan oleh Deputi Bidang Usaha Logistik dan Pariwisata Kementerian Negara BUMN dan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).



Perubahan struktural ini diikuti juga dengan perubahan nama dan logo dari PT ASDP (Persero) menjadi PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), redefinisi visi dan misi, penegasan usaha pokok, penciptaan usaha penunjang, revitalisasi dan investasi alat produksi, restrukturisasi total serta rencana strategis bisnis.



Adapun perubahan ini merupakan bagian dari pelaksanaan program transformasi bisnis yang memiliki tujuan untuk menjadikan ASDP sebagai salah satu perusahaan BUMN yang dapat memberikan kontribusi bagi negara.



Untuk selanjutnya  PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) atau ASDP  bergerak dalam jasa angkutan penyeberangan dan pengelola pelabuhan penyeberangan untuk penumpang, kendaraan dan barang.



Fungsi utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) adalah menyediakan akses transportasi publik antar pulau yang bersebelahan serta menyatukan pulau-pulau besar sekaligus menyediakan akses transportasi publik ke wilayah yang belum memiliki penyeberangan guna mempercepat pembangunan (penyeberangan perintis).

 

Visi

Terdepan dalam menghubungkan masyarakat dan pasar melalui jasa penyeberangan-pelabuhan terintegrasi dan tujuan wisata waterfront


Misi

1. Menciptakan dan mengoptimalkan nilai perusahaan dengan menghubungkan masyarakat dan pasar.

2. Menekankan keunggulan operasional melalui:
   • Budaya Pelayanan yang profesional dan berkualitas
   • Fasilitas pelabuhan terintegrasi, armada dan infrastruktur yang handal
   • Penerapan teknologi berbasis nilai

3. Aktif mendukung dan berperan dalam pengembangan ekonomi melalui layanan logistik dan tujuan wisata pilihan.

4. Secara konsisten mengedepankan keselamatan dan layanan penuh keramahan, tulus dan berkualitas.

5. Penerapan standar lingkungan berkelanjutan.

 

Nilai Perusahaan

Peduli

Memahami dan tanggap terhadap kebutuhan stakeholder dan lingkungan, termasuk mengantisipasi dinamika bisnis, berperilaku gesit, ramah, sopan serta lugas dalam pelayanan

 

Handal

Kesuksesan jangka panjang lebih penting daripada keuntungan jangka pendek, selalu berusaha mencapai keunggulan dalam berbagai aspek kinerja perusahaan dengan menempatkan kepuasan pelanggan sebagai prioritas utama

 

Tepercaya

Komitmen penuh terhadap pengelolaan perusahaan yang mencerminkan konsitensi antara prinsip dan perilaku

 

LAST

Dengan motto "We Bridge The Nation" atau "Bangga Menyatukan Nusantara" , insan ASDP senantiasa bekerja keras dan cerdas, menjaga komitmen dan kebanggaan untuk melayani kepentingan pengguna jasa sekaligus kepentingan negara.

 

Good Corporate Governance

Komitmen Tata Kelola Perusahaan yang Baik

Secara konsisten ASDP Indonesia Ferry menerapkan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance - GCG). Lima prinsip utama GCG yaitu Keterbukaan, Kemandirian, Akuntabilitas, Pertanggungjawaban dan Kewajaran diterapkan secara proporsional dalam setiap lini proses bisnis. 


Salah satu wujud komitmen penerapan GCG dan untuk menciptakan iklim kerja yang transparan, jajaran Direksi dan seluruh karyawan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah menandatangani Pakta Integritas. Penerapan pedoman-pedoman GCG pada perseoran terdiri dari Panduan Tata Kelola (Code of GCG), Panduan Perilaku (Code of Conduct), Panduan Perilaku bagi Komisaris dan Direksi (Board Manual), Piagam Komite Audit (Audit Committee Charter) dan Piagam Pengawasan Internal (Internal Audit Charter) mengarahkan perseroan menjadi lebih fokus, terkendali dan memaksimalkan kinerja.

 

Layanan Jasa ASDP :

Jasa Kepelabuhan ASDP

Jasa kepelabuhan dapat meliputi pelayanan jasa terminal,dermaga dan fasilitas lainnya, penyediaan dan/ atau pelayanan pengisian bahan bakar dan air bersih, penyediaan dan/atau pelayanan fasilitas naik turun penumpang dan kendaraan, penyediaan dan/atau pelayanan jasa penundaan kapal (tug boat) dll.

 Jasa ASDP

Sampai dengan Tahun 2015, PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyediakan layanan penyeberangan di 234 lintasan yang dilayani 151 kapal (komersial dan perintis). Jalinan lintasan ini merangkai pulau-pulau dari Sabang sampai Merauke dan dari Talaud di Utara hingga Rote di bagian Selatan.

 Usaha Aneka Jasa

Selain kegiatan usaha utama, PT ASDP melakukan kegiatan usaha dalam rangka optimalisasi pemanfaatan sumber daya yang dimiliki untuk properti, periklanan, pergudangan, perkantoran, fasilitas pariwisata, penyewaan dan pengusahaan sarana dan prasarana yang terkait dengan angkutan sungai, danau dan penyeberangan.

 

Alamat Kantor Layanan Bisnis  

Organisasi       :   PT. ASDP Indonesia Ferry

Telepon           :   (021) 4208911

Email               :  info@indonesiaferry.co.id

Call Center      :  (021) 191

SMS Center     :  081-1102-1191

Alamat Kantor :  Gedung Kelapa Gading Trade Center, Jl. Boulevard Bar. Raya, RT.2/RW.9, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

 Alamat Kantor  Pusat :

Jl. Jend. A. Yani Kav No.52 A, Cempakan Putih Jakarta Pusat 10510   Telp.(021) 4208911

 

(***Tim Redaksi WMI Jkt).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad